November 12 2020 0Comment

Ajakan SPI Menyambut Sopponrenge 2020

SPI-IAIN Pare. Setelah pada Bulan Oktober yang lalu, Satuan Pengawasan Internal IAIN Parepare melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev), maka pada Bulan November ini akan dilakukan follow up berikutnya melalui kegiatan pemeriksaan internal. Objek dan Sasaran dari kegiatan ini nantinya adalah semua program dan pelaksana kegiatan yang menggunakan anggaran DIPA IAIN Parepare Tahun 2020. Berbeda dengan kegiatan monev yang hanya sebatas melakukan pengamatan, identifikasi, menilai progres, dan mengumpulkan informasi melalui diskusi dan sharing, maka dalam pemeriksaan internal yang dituntut dan diharapkan lebih kompleks. Tidak lagi sebatas monitoring tapi sampai pada proses meminta, memeriksa, dan menilai dokumen. Jadi saat pemeriksaan dilakukan yang rencana dimulai pada Tanggal 19 sampai 30 November 2020, semua pihak terkait yang dipanggil SPI sudah harus menyiapkan bukti-bukti, dokumen-dokumen terkait dan laporan pertanggungjawaban kegiatan yang dibutuhkan. Tentu dengan pendekatan yang sesuai dengan motto SPI IAIN Parepare yakni bermutu, berdedikasi, dan bersahabat , yang bisa disingkat Berkah.

Sebagai bentuk perhatian SPI dalam proses akulturasi budaya khususnya bugis makassar, maka kegiatan pemeriksaan internal akan dikemas dengan nama Sopponrenge 2020 SPI IAIN Parepare. Istilah Sopponrenge adalah bahasa bugis yang artinya tanggung jawab. Berasal dari 2 suku kata, yaitu Soppo dan Renge. Soppo, yaitu memikul beban pada kedua Pundak. Sedangkan Renge, yaitu membawa beban yang bertumpu pada kedua tulang selangka. Jadi penyatuan kata Soppo dan Renge menjadi Sopponrenge bisa dimaknai sebagai sebuah amanah yang diberikan untuk dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Ada relevansi yang begitu dekat makna ini dengan substansi dari kegiatan pemeriksaan internal yang menjadi cerminan sebuah tanggung jawab. Ada komitmen besar yang diharapkan yaitu karena kita sudah merencanakan, maka bertanggungjawab untuk melaksanakan. Karena kita sudah ditugaskan, maka bertanggungjawab untuk mengemban dan menuntaskan amanah tugas yang diberikan. Begitu pula karena sudah menggunakan anggaran maka harus bertanggungjawab menghadirkan bukti dan laporan sebagai bentuk akuntabilitas. Terinspirasi dari dalamnya makna Sopporenge ini, maka rencananya bukan hanya pada tahun ini saja, tapi untuk tahun-tahun selanjutnya setiap dilakukan kegiatan pemeriksaan internal SPI IAIN parepare maka akan tetap mengadopsi istilah Sopponrange ini. Jadi perlu diingat oleh semua pihak khususnya yang ada di lingkungan internal IAIN Parepare, bahwa ketika SPI muncul dengan program Sopponrange, berarti tidak lama lagi akan ada pemeriksaan internal. Mari sambut bersama dengan tenang, terbuka, jujur, dan saling bekerja sama. Kenapa? karena kita adalah sahabat dan kita malebbi warekkadanna makkiade ampena.

 

Write a Reply or Comment