1. Kepala
    1. Memimpin, mengoordinasi, pelaksanaan tugas-tugas SPI;
    2. Memimpin, mengoordinasi, dan memonitoring pelaksanaan pengawasan internal;
    3. Mengoordinasi pelaksanaan pendampingan audit internal dan eksternal (Inspektorat Jenderal Kementerian Agama R.I., Kantor Akuntan Publik, dan Badan Pemeriksa Keuangan)
    4. Mengoordinasi penyusunan dokumen-dokumen SPI; dan
    5. Melaksanakan tugas lain dari pimpinan (Rektor).
  2. Sekretaris
    1. Melaksanakan pelayanan administrasi yang meliputi: surat-menyurat, penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan,dan kearsipan;
    2. Membantu Kepala dengan memberikan dukungan administrasi, anggaran, ketenagaan, dan pelaporan kegiatan SPI terhadap pelaksanaan pengawasan internal;
    3. Mengoordinasi kesekretariatan SPI;
    4. Melaksanakan pengawasan internal;
    5. Membuat laporan SPI;
    6. Membuat press release untuk pemberitaan dan publikasi kegiatan SPI; dan
    7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala.
  3. Divisi Pengawasan Internal Non Akademik
    1. Menyusun rencana dan jadwal pengawasan internal di lingkungan IAIN Parepare;
    2. Menyiapkan dan mengembangkan instrumen yang efektif digunakan dalam melakukan pengawasan internal;
    3. Melakukan preventive audit, audit, evaluasi, dan supervisi terkait dengan pemeriksaan yang bersifat internal;
    4. Melakukan reviu perencanaan dan penganggaran (RKAKL, TOR/KAK, dan RAB);
    5. Melakukan pemeriksaan laporan keuangan;
    6. Menyusun dan melaporkan hasil pengawasan internal kepada pimpinan;
    7. Melakukan pendampingan audit internal dan eksternal; dan
    8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala.
  4.  Divisi Kajian dan Pengembangan Lembaga
    1. Mencari dan menghimpun bahan/referensi, baik berupa aturan, kebijakan, maupun tulisan yang relevan dan menunjang fungsi pengawasan internal;
    2. Melakukan kajian mendalam terhadap aturan dan kebijakan yang berkaitan dengan fungsi pengawasan internal;
    3. Memberikan catatan sebagai hasil telaah dan kajian akademik yang telah dilakukan;
    4. Merencanakan dan melakukan kegiatan yang menunjang pengembangan lembaga;
    5. Ikut terlibat dalam pengawasan internal jika dibutuhkan; dan
    6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala.
  5. Divisi Administrasi dan Penatausahaan Hasil Pengawasan Internal
    1. Mendokumentasikan hasil pengawasan internal;
    2. Monitoring dan evaluasi hasil pemeriksaan internal; dan
    3. Penatausahaan surat tugas dan administrasi pengawasan internal;
    4. Ikut terlibat dalam pengawasan internal jika dibutuhkan; dan
    5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala.