October 16 2020 0Comment

SEMA Sebagai Panitia, SPI menjadi Pemateri sekaligus Tuan Rumah

SPI IAINPARE. Setelah sekian lama direncanakan dan sempat tertunda beberapa kali, akhirnya kegiatan Pelatihan Manajemen Administrasi sukses dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I) pada Hari Jum’at, 16 Oktober 2020. Bertempat di Gedung Satuan Pengawasan Internal (SPI), sejumlah 38 peserta yang berasal dari perwakilan pengurus lembaga kemahasiswaan yang ada di lingkungan IAIN Parepare, bersama-sama hadir menyimak dengan penuh antusias pemaparan materi yang dibawakan secara tunggal oleh Bapak Tamsil Hadi, Kepala SPI IAIN Parepare.

Ada 2 slide materi yang disampaikan selama pelatihan ini. Slide pertama berisi penjelasan tentang tupoksi dan proses bisnis SPI IAIN Parepare. Melalui materi ini SPI berkesempatan untuk memperkenalkan diri dihadapan mahasiswa dengan lebih dekat dan lebih akrab. Selama ini ternyata masih banyak mahasiswa yang belum mengenal dan belum memahami tujuan kehadiran SPI ditengah-tengah kampus. Diharapkan setelah sosialisasi dilakukan, maka kedepan bisa terbangun hubungan dan interaksi yang lebih intens antara SPI sebagai organ pengawasan internal dan lembaga mahasiswa sebagai bagian dari organ pengelola/pelaksana.

Adapun slide kedua yang disampaikan setelah break Sholat Jum’at, berisi materi tentang administrasi pengelolaan keuangan. Pembahasan dilakukan secara komprehensif meski dengan durasi waktu yang terbatas. Mulai dari proses perencanaan seperti mekanisme pengusulan SK kepanitiaan, penyusunan TOR, dan RAB yang harus mengacu pada standar biaya internal (SBI). Selanjutnya juga ada pembahasan tentang proses monitoring dan evaluasi kegiatan, sampai pada proses akhir berupa penyajian laporan pertanggungjawaban kegiatan, baik dari aspek akademik maupun keuangannya.

Kegiatan pelatihan yang mengangkat tema “Meningkatkan Mutu Organisasi yang Lebih Efektif dan Efisien di Bidang Administrasi” ini ditutup dengan pemberian tugas yang diberikan pemateri kepada seluruh peserta untuk membuat simulasi kegiatan yang lengkap dengan rancangan TOR dan RAB yang besaran anggarannya adalah Rp 10.000.000/peserta. Angka ini tentu hanya bersifat imajinatif, namun diharapkan menjadi PR yang diseriusi oleh peserta untuk diselesaikan sesuai dengan aturan, standar dan format yang telah dijelaskan selama pelatihan berlangsung.

Write a Reply or Comment